Perbedaan Knitting dan Crochet

Perbedaan Knitting dan Crochet

Pemahaman Knitting atau Crochet

Sering kali kita melihat di drama-drama korea yang kita tonton para pemainnya menggunakan pakaian rajut.
Tampak indah dan nyaman dipakai yah? Model dan warnanya juga bagus-bagus.
Jadi kepingin punya, lalu kita browsing, cek harga pakaian rajut. Ternyata lumayan mahal juga harganya.
Trus jadi kepingin membuatnya sendiri.
Tapi bagaimana caranya?
Eit..eit sebelum belajar membuat baju rajut, kamu tahu nggak tehnik apa yang digunakan?
Pakai tehnik knitting atau crochet?

Hah? Kniting? Crochet?

Apa sih bedanya?

Bukankah sama-sama menguntai benang?
Lalu apa knitting dan crochet menggunakan alat yang sama dalam menautkan benang?
Trus benangnya apa juga sama?
Bagi orang awam atau bagi yang baru memulai mempelajari seni menautkan benang ini pasti kebingungan membedakan antara knitting dan crochet.

Yuk, kita bahas satu persatu.

1. Knitting (Merajut)

Arti knitting dalam bahasa Indonesia adalah merajut. Ah, pasti ada yang langsung bergumam di dalam hati, ternyata merajut itu knitting. Lebih lanjut knitting adalah proses menautkan benang dengan menggunakan sepasang stick rajut. Baik tangan kanan maupun kiri sama-sama berperan aktif dalam memegang stick yang berbentuk lurus panjang  seperti sumpit.

Merajut dapat juga menggunakan jarum melingkar. Hasilnya berupa kain lurus dan mendatar. Perajutan melingkar yang dilakukan memakai jarum rajut berujung dua atau jarum melingkar. Hasilnya berupa kain berbentuk silinder seperti kaus kaki dan lengan baju hangat.

Berbagai jenis jarum rajut serta ukuran benang dipakai untuk menghasilkan rajutan dengan bentuk yang berbeda-beda. Produk garmen yang dibuat dari hasil rajutan, misalnya: baju hangat, syal, selimut, topi. kaus kaki, hingga blus, gaun. dan tunik.

2. Crochet (Merenda)

Sebenarnya crochet juga merupakan tehnik merajut. Namun dikarenakan dengan tehnik crochet ini bisa menghasilkan hasil rajutan yang lebih bervariasi seperti membuat renda, dengan bentuk yang tidak hanya datar atau melingkar saja.

Crochet  menggunakan alat berupa sebatang pengait atau biasa disebut hakpen atau hakken denga ketebalan bervariasi tergantung ketebalan benang yang digunakan. Untuk tangan yang digunakan bisa menggunakan tangan kanan saja atau tangan kiri saja tergantung dari tangan yang aktif digunakan oleh sang perajut.

Sekarang sudah bisa membedakan antara knitting dan crochet kan?

Mana pun tehnik yang digunakan, sama-sama menarik dan menghasilkan sesuatu yang indah.

Leave a Reply