Cara Merawat Produk Sulam

Cara Merawat Produk Sulam

Bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payet.
Memiliki produk sulam memang merupakan sebuah kebanggaan. Produk yang dibuat secara handmade ini memberikan prastise tersendiri bagi pemiliknya. Pengerjaan yang lama serta harga yang tidak murah, membuat kita juga mesti pandai menjaganya.

Cara Merawat Sulaman

Merawat produk sulam memang  diharuskan agar bahan atau warna yang terdapat pada kain sulam tidak mudah pudar dan awet. Merawat produk sulam terbilang gampang-gampang sulit karena benang yang disulam memiliki serat sensitif dan dapat membuat sulaman rusak sehingga harus membutuhkan penanganan khusus untuk merawatnya.

Kebanyakan orang tidak mengerti cara perawatan produk sulam terkadang disamakan dengan produk yang lainya. Perawatan produk sulam  sama dengan anda merawat produk lainnya, hal yang membedakan adalah perawatannya. Dengan motif yang terdapat pada kain sulam dapat membentuk sebuah bunga dengan beraneka ragam gambar dan motif yang terdapat pada produk. Dibalik keistimewaan pada produk sulam mempunyai keindahan tersendiri bagi pemakainya . dengan perawatan yang benar dan terampil dapat membuat motif pada sulaman yang tidak berubah agar penampilan kain tetap terjaga kemewahanya.

Produk sulaman yang dibuat dengan motif biasanya memakai bahan kain yang dapat ditembus oleh jarum dan mudah dijahit agar pemakainyapun merasa nyaman. Namun, untuk merawat bahan kain sulaman dibutuhkan  perawatan ekstra dalam teknik perawatanya agar kain sulam nampak utuh dan tidak terjadi kerusakan dan dapat membuat kain sulam menjadi bagus kembali seperti sediakala. Yang perlu diperhatikan dalam merawat produk sulam yaitu pada saat :

Pencucian

Saat pencucian gunakanlah detergen secukupnya yang dicampurkan dengan air. Serat yang terdapat pada benang sulam rentan hancur ketika pencucuian dalam penyikatan. Hindari pencucian dengan menggunakan mesin cuci atau pencucian dengan menggunakan tangan karena dapat membuat benang sulam menjadi rusak. Ketika rendaman tunggu dalam waktu beberapa menit agar kotoran atau noda-noda yang terdapat pada benang sulaman dapat hilang. Bilaslah dengan air bersih kemudian peras perlahan-lahan agar benang sulaman tidak rusak.

Pengeringan

Gantunglah produk sulaman dengan menggunakan hanger atau alat untuk mengeringkan kain dan direntangkan di daerah permukaan rata yang tidak terlalu terkena sinar matahari, jangan membiarkan produk sulaman terlalu kering oleh panas agar kualitas kain sulam dengan motif dan gambar yang menghiasi kain sulam dapat dipertahankan keaslianya dan tidak mudah pudar warnanya.

Menyetrika

Ketika dalam proses pengeringan sebaiknya dilakukan cara kerapihan dengan memakai alat setrikaan. produk sulam yang sudah kering diharuskan untuk disetrika agar kain sulam nampak terlihat rapih dan halus. Tetapi harus lebih berhati-hati jangan sampai terlalu panas karena dapat membuat kain terbakar. Gunakan volume setrikaan yang tidak terlalu panas agar kain sulam tampak terlihat berkilau dan berwarna cerah. Gunakan alat diatas kain sulam untuk alas agar menghindari kerusakan yang terdapat pada kain sulaman.

Penyimpanan

Simpanlah produk di lemari yang tersusun rapih. Hindari lipatan yang dapat membuat  sulaman yang mengakibatkan putusnya benang karena lipatan yang salah pada bagian  sulaman. Atau lebih baik lagi  produk sulaman digantungan dengan menggunakan hanger agar kain sulaman tidak mudah membentuk suatu kerusakan atau tidak terlihat kusut pada bahan  sulaman.

Untuk menghargai dan merawat produk sulam yang kita miliki memang perlu perlakuan khusus agar produk sulam yang kita miliki bisa awet dan bagus. Tenang, untuk produk sulam LC by Sopi sudah disediakan tempat khusus penyimpanan, berupa kaleng cantik dengan desain unik yang bisa menyimpan dompet sulammu dengan baik. Sedangkan untuk produk sulam yang lainnya sudah disediakan kotak kemasan sebagai tempat penyimpanan.

Leave a Reply